Tips Belajar SEO Untuk Pemula


Dalam hal ini saya pun masih belajar tentang Apa itu SEO tetapi disini saya akan berbagi Tips Belajar SEO dari pengalaman saya sejauh ini mengoptimalkan SEO untuk investasi dan menambah pengetahuan.

Pada dasarnya Belajar SEO untuk meningkatkan jumlah traffic yang banyak pada blog atau meningkatkan penjualan suatu barang atau jasa di toko online. Tentunya sebelum lebih dalam untuk belajar SEO Anda harus sudah mempunyai website atau blog, cara membuat blog bisa kalian kunjungi disini.

Pengguna blogger tentunya harus tau dan mengerti tentang SEO untuk meningkatkan traffic dan juga tentunya ingin muncul di halaman pertama google.

Lantas apa itu SEO ?

SEO kepanjangan dari Search Engine Optimization adalah upaya untuk mengoptimalkan website dan artikel agar muncul di peringkat pertama halaman google dan tentunya mendapatkan ranking teratas.

Sehingga jika pengunjung atau pembeli mengetikan kata kunci yang dicari maka website Anda yang akan muncul dihalaman pertama dan itu yang dinamakan trafik organik.

Cara Belajar SEO

Menurut pendapat saya belajar SEO itu tidak ada cara pastinya karena peringkat pada mesin pencarian memiliki banyak faktor dan tidak ada yang tau pasti faktor apa saja yang mempengaruhi selain Google itu sendiri.

Jadi belajar SEO ini untuk mendekati faktor yang tidak tau apa saja yang diinginkan oleh Google menurut pandangan pakar SEO. Disini saya akan mencoba menjabarkan dari hal yang sederhana untuk Belajar SEO dari ilmu dan referensi yang saya dapatkan.

Baca Juga :   Apa itu Meta Keyword, Title, dan Description?

1. Konsep Dasar SEO

Langkah awal tentunya untuk belajar SEO Anda harus mengetahui konsep dasar SEO dengan mengoptimasi website agar mendapatkan peringkat utama di mesin pencarian Google.

Karena faktor ranking dari Google tidak ada yang tau pasti kita bisa ikuti beberapa indikaor dari Google itu sendiri. Pertama, Google suka dengan website yang memiki kecepatan loading yang cepat. Kedua, Google suka dengan konten atau artikel bermanfaat dan relevan. Dan masih banyak faktor lainnya.

2. Optimasi Kecepatan Website

Sebelum masuk lebih jauh ada baiknya Anda mengoptimasi kecepatan pada website Anda karena kecepatan pada website adalah salah satu faktor mendapatkan ranking dari Google.

Salah satu faktor yang membuat website lemot adalah terlalu banyak instal plugin atau tema wordpress yang berat mengakibatkan banyak file yang di load saat akses ke website Anda.

Gunakan pengecekan dari berbagai bantuan tools yang tersedia seperti Google PageSpeed Insights, GTmetrix, dan Web.dev yang dapat dijadikan patokan untuk kecepatan pada website Anda.

3. Riset Keyword

Pada intinya belajar SEO adalah bagimana cara agar website Anda muncul dihalaman pertama dengan kata kunci atau keyword yang pengunjung tulis dan yang Anda target.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan juga tentang riset kata kunci yaitu:

  1. Search Volume adalah banyaknya kata kunci yang digunakan dan diketik di mesih pencarian.
  2. Keyword Difficulty adalah untuk mengukur tingkat kesulitan pada kata kunci yang di targetkan di hamalan mesin pencarian.

Untuk melakukan riset kata kunci Anda bisa gunakan bantuan tools Google Keyword Planner atau Ubersuggest dengan mengetikan kata kunci pada halaman pencari dan nantinya akan banyak muncul kata kunci turunan.

Belajar SEO
Google Keyword Planner

Sebagai contoh kata kata kunci yang ditargetkan adalah “Belajar SEO” nantinya akan muncul kata kunci utama yang Anda ketik dan juga ide kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama dan pilih beberapa kata kunci untuk dijadikan artikel.

  1. Belajar SEO
  2. Kursus SEO
  3. Belajar Search Engine Optimization
  4. Belajar SEO untuk Pemula
Baca Juga :   Peluang Bisnis Untuk Blogger

Kata kunci di atas bisa Anda jadikan topik pada artikel yang akan dibuat.

4. Belajar Membuat Konten SEO

Setelah menentukan kata kunci yang akan di targetkan dan memilih niche blog, maka hal yang harus dilakukan adalah mengoptimasi konton pada artikel yang Anda buat.

Ada baiknya Anda membuat konten yang SEO Friendly dan berkualitas yang relevan dengan kebutuhan pembaca, setelah itu buat konten yang unik dan memiliki volume pencarian di mesin pencari dan jangan buat konten Hoax, berikan pengunjung dengan informasi yang valid dari berbagai sumber terpercaya.

Dilain kesempatan saya akan membuat torial cara membuat artikel berkualitas dan tentunya SEO Friendly.

5. Memahami On Page SEO

Pada dasarnya On Page SEO adalah cara mengoptimasi bagian dalam atau internal di website Anda.

Beberapa cara untuk melakukan optimasi On Page SEO dengan penggunaan permalink yang tepat, meletakkan keyword di paragraf awal, optimasi gambar, Optimasi kecepatan blog, menuliskan meta title dan meta description dan lainya.

Untuk itu nantinya akan saya buatkan artikel khusus tentang bagaimana saya mengoptimasi On Page SEO pada blog ini.

6. Memahami Off Page SEO

Berbeda dengan On Page SEO yang mengoptimasi bagian dalam website, tentunya Off Page SEO ini untuk mengoptimalkan SEO dari luar website Anda.

Biasanya Off Page SEO ini akan terbangun dengan sendirinya karena artikel yang dibuat tentunya berualitas dan memberikan backlink untuk website kita selain itu Google juga mempertimbangkan blog yang mendapatkan backlink bagus untuk mendapatkan ranking.

Sebenernya cara Optimasi Off Page SEO ini saya juga belum teralu mengeri dan paham bagimana caranya.

7. Link Building

Cara ini termasuk kedalam optimasi Off Page SEO yaitu dengan strategi mendapatkan link dari website lain yang mengarah pada website Anda atau biasa disebut dengan backlink.

8. Melakukan Analisa

SEO merukapan proses jangka panjang dan berkelanjutan jadi Anda pelur melakukan analisa pada konten yang Anda buat.

Baca Juga :   7+ Tips Cara Diterima Google Adsense [Pengalaman Pertama]

Biasanya saya melalukan analisa dengan cara :

  1. Mengintegrasikan dengan Search Console
  2. Memasang Google Analytics
  3. Riset Kata Kunci Lanjutan
  4. Analisa Performa Konten

9. Evaluasi Hasil Belajar SEO

Setelah melakukan analisa pada konten SEO yang dibuat dilain hal saya juga melakukan eksperimen untuk meningkatkan kualitas SEO di blog ini dengan mengevakuasi hasil dari konten yang sudah saya buat.

10. Belajar Mengenal Tools SEO

Ada banyak sekali developer menyediakan alat bantu untuk mempermudah penggunaan kegiatan optimasi SEO untuk memberikan ide kata kunci, mengetahui kompetitor, mengetahui backlink pada website Anda, dan masih banyak hal yang bisa digunakan dalam tools SEO

Tools SEO yang populer bisa Anda cek Google Keyword Planner, Ubersuggest, Semrush, Ahrefs.

Dengan belajar mengenal tools SEO Anda dapat mempermudah dan mempercepat optimasi SEO di website Anda dan tentunya bisa menganalisa dan melakukan evaluasi pada konten.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai Belajar SEO yang bisa di terapkan pada blog Anda dengan mengoptimalkan aspek-aspek yang ada, disini saya masih ikut belajar dan menimba ilmu dengan membaca referensi dari website lain dan saya coba terapkan di blog ini.

Banyak sekali cara dan praktek SEO yang diterapkan secara beda tergantung dari kenyamanan dan idealisme masing-masing. Jika ada pertanyaan terkait artikel ini bisa tanyakan di kolom komentar dibawah, Terimakasih.


Mulai Diskusi

Tanyakan secara jelas ya jangan pakai emoticon, nanti masuk spam.