Cara Backup WordPress
Cara Backup WordPress

Jika Anda mencari tutorial cara backup WordPress secara gratis, maka plugin UpdraftPlus jelas merupakan salah satu opsi yang paling populer yang banyak digunakan oleh pemilik website WordPress Self Host.

Tidak hanya bisa membackup secara manual, tetapi anda juga dapat mensettingnya agar otomatis membuat backup ke penyimpanan cloud sesuai jadwal yang Anda kehendaki, serta dapat dengan mudah mengembalikan hasil backup hanya dengan beberapa klik. Ini sangat penting Anda lakukan setelah mengetahui cara membuat website dengan WordPress.

Dalam tutorial kali ini, saya akan menjelaskan kepada Anda langkah demi langkah cara backup WordPress melalui salah satu plugin WordPress terbaik yang bernama UpdraftPlus, sekaligus saya akan mengeksplorasi berbagai fitur dan pengaturan yang bisa anda manfaatkan untuk keamanan backup data pada website WordPress.

Baca artikel ini hingga akhir, Anda akan mengetahui cara backup WordPress secara gratis yang baik dan benar menggunakan plugin backup WordPress UpdraftPlus.

Tapi sebelum Anda mengikuti tutorialnya sebaiknya anda mengenal dulu apa itu plugin UpdraftPlus dan mengapa saya menggunakan plugin tersebut.

UpdraftPlus, Plugin Backup WordPress Terbaik

UpdraftPlus, Plugin Backup WordPress Terbaik

Jika Anda ingin Backup website WordPress secara gratis, maka UpdraftPlus adalah plugin yang cocok untuk Anda gunakan. Dengan lebih dari 14 juta unduhan, ini adalah plugin backup WordPress Terbaik yang pernah saya jumpai untuk saat ini.

UpdraftPlus mudah digunakan serta bisa diatur sesuai keinginan Anda. Plugin ini bekerja dengan membackup seluruh isi website anda langsung ke penyimpanan awan (cloud) yang terhubung langsung ke akun anda, seperti:

  • Google Drive
  • Dropbox
  • E-mail
  • Amazon S3
  • RackSpace Cloud
  • DreamObjects
  • OpenStack Swift
  • Dan lain-lain.

Tampilannya plugin UpdraftPlus sangat intuitif, ini akan memungkinkan Anda untuk menjadwalkan backup secara otomatis untuk, berbagai macam file data, plugin dan tema, serta bisa langsung megembalikan/memulihkan pencadangan Anda langsung dari kontrol panel dasboard WordPress Anda.

Cara Backup WordPress dengan Plugin UpdraftPlus

1. Silahakn login ke website WordPress Anda.

2. Menginstal UpdraftPlus, buka dasboard WordPress Anda, dan pilih Plugin > Tambah baru dari menu bar.

instal plugin backup wordpress

3. Kemudian ketik UpdraftPlus ke dalam Kata Kunci Pencarian. Pilih Plugin WordPress Backup UpdraftPlus dan klik Pasang Sekarang> Aktifkan.

plugin backup wordpress terbaik

4. Menyiapkan UpdraftPlus untuk Backup website WordPress secara gratis, klik Pengaturan > UpdraftPlus Backups.

setting plugin updraftplus

Ini akan membuka  halaman Backup / Restore UpdraftPlus , di mana Anda dapat menyesuaikan pengaturan UpdraftPlus sesuai dengan kebutuhan backup website Anda. Mari kita lihat apa yang dapat Anda lakukan

Backup WordPress Secara Manual

Di dasbor utama, UpdraftPlus memungkinkan Anda membuat backup website WordPress secara manual kapan saja. Untuk melakukannya, cukup klik tombol Cadangan Sekarang.

cara backup wordpress manual

Setelah anda klik tombol Cadangkan Sekarang, maka akan muncul peringatan seperti dibawah ini kemudian pastikan tanda centang tetap seperti itu dan klik sekali lagi Cadangkan Sekarang.

membackup website wordpress

Tunggu prosesnnya hingga selesai, Anda juga dapat mengunduh backup manual ini langsung ke server lokal Anda atau membuat UpdraftPlus secara otomatis mengunggahnya ke lokasi penyimpanan online.

Backup WordPress Secara Otomatis

Untuk menghemat waktu Anda gunakan fitur backup WordPress secara otomatis, UpdraftPlus memungkinkan Anda membuat jadwal backup secara otomatis dengan mudah dan terjadwal. Untuk mengatur backup terjadwal ini silahkan pilih tab Pengaturan pada halaman UpdraftPlus Backup / Restore.

memilih backup wordpress otomatis

Di sini Anda dapat memilih seberapa sering membuat backup basis data dan file Anda. Pilihannya

  • Setiap 4, 8 atau 12 jam
  • Harian
  • Mingguan, dua minggu, atau bulanan

Pilihlah backup otomatis ini tergantung pada seberapa sering Anda memperbarui website Anda. Misalnya, jika Anda menambahkan konten setiap minggu, maka membackup setiap minggu mungkin akan cukup untk Anda.

Ketika Anda sudah memilih jadwal backup otomatis, jangan lupa untuk mengklik Simpan Perubahan di bagian bawah halaman.

Memilih Lokasi Penyimpanan Backup Website WordPress Anda

UpdraftPlus terintegrasi dengan berbagai penyimpanan online atau cloud, sehingga Anda memiliki beragam pilihan dimana ingin meletakkan hasil backup website WordPress. Pilih tab Pengaturan lagi dan gulir ke bawah halaman untuk Pilih Penyimpanan Anda.

Memilih Lokasi Penyimpanan Backup Website WordPress Anda

Selanjutnya, klik salah satu ikon untuk memilih lokasi penyimpanan yang ingin Anda gunakan.

memilih lokasi penyimpanan

Setiap penyimpanan memiliki proses integrasi yang berbeda sehingga cukup ikuti instruksi yang saya diberikan ini jika Anda juga akan menggunakan Google Drive. Saya memilih untuk mencadangkan ke Google Drive karena mudah. Untuk melakukannya, pilih ikon Google Drive dan kemudian pilih Simpan Perubahan di bagian bawah halaman. Anda sekarang akan melihat popup ini dan silahkan klik link tersebut.

backup wordpress ke google drive

Anda akan diminta untuk masuk ke Akun Google Anda. Kemudian klik Izinkan/Allow untuk mengaktifkan UpdraftPlus untuk melihat dan mengelola file di Google Drive Anda.

masuk ke Akun Google untuk backup wordpress

Langkah terakhir adalah memilih tombol Pengaturan Lengkap/Complate Setup untuk menghubungkan kedua solusi.

 Pengaturan Lengkap Backup WordPress

Selamat! Semua file dan data backup website WordPress sekarang akan disimpan langsung di Google Drive Anda.

Cara Mengembalikan Backup WordPress

Mungkin ada saatnya Anda perlu memulihkan hasil backup website WordPress. Ini adalah proses yang sangat mudah yang hanya membutuhkan beberapa menit dan beberapa klik mouse.

Jadi untuk memulai, pilih tab Backup yang Ada. Di sini Anda dapat melihat cadangan sebelumnya.

Untuk memulihkan cadangan, klik Pulihkan. Anda juga dapat secara manual mengunggah file dengan mengklik tautan  Unggah file cadangan

Cara Mengembalikan Backup WordPress

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih komponen mana yang ingin Anda pulihkan. Ini terdiri dari

  • Plugin
  • Tema
  • Unggah
  • Lainnya
  • Basis data

Komponen yang Anda pilih akan tergantung pada kebutuhan pemulihan Anda. Tetapi jika Anda ingin memulihkan seluruh isi website Anda, Anda harus memilih semua lima opsi tersebut.

memulihkan wordpress

Silahkan klik Pulihkan maka anda sudah bisa memulihkan semua hasil backup WordPress yang telah anda lakukan sebelumnya. Ketika pemulihan selesai, nanti ada pemberitahuan pesan yang menyatakan/memberitahukan bahwa pemulihan Anda telah berhasil.

Konklusi Tentang Backup WordPress

Jika Anda ingin membackup website WordPress seacara mudah dan gratis, Plugin backup UpdraftPlus adalah pilihan terbaik untuk saat ini. Alat dan fitur canggihnya membuatnya mudah untuk diatur dan digunakan walaupun Anda pemula. Dan yang terpenting, plugin ini aman dan bisa membuat Anda menghemat waktu.

Apakah Anda punya rekomendasi plugin WordPress untuk membuat backup WordPress yang mudah selain UpdraftPlus? Dan apakah Anda memiliki pertanyaan tentang tutorial cara backup WordPress yang telah saya buat ini ? silahkan tinggalkan dikomentar ya.

1 Shares:
2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like