Cara Membuat Blog di WordPress

Pertanyaan Cara Membuat Blog di WordPress ini biasanya paling sering ditayakan orang untuk mendapatkan penghasilan dari blog, banyak orang juga selain mementingkan pedapatan dari Adsense untuk membagikan pengalaman mereka.

Jika konsisten untuk membuat artikel blog sederhana bisa mendarangkan banyak pengunjung blog.

Cara Mudah Membuat Blog

Banyak diluar sana yang membagikan Cara Mudah Membuat Blog dengan strategi dan versi mereka, makannya disini saya akan sharing membuat blog versi saya. Banyak blog yang memberikan informasi terkait cara membuat blog dengan artikel yang berkualitas tentunya tapi banyak juga yang hanya mementikan kuantias.

Disini saya akan mencoba memberikan cara yang mudah untuk membuat blog di WordPress berdasarkan apa yang sudah saya terapkan di blog ini. Anda bisa mengikuti panduan ini secara bertahap.

1. Memilih Niche Blog

Tunggu dulu sebelum ke inti tutorialnya ada baiknya Anda menentukan Niche blog terlebih dahulu untuk langkah awal memulai ngeblog. Keuntungannya jika sudah menentukan niche blog yang dipilih maka akan mudah untuk membuat artikel yang akan ditulis nantinya.

Anda juga bisa membuat niche blog sesuai dengan hal yang Anda sukai atau bisa melihat niche blog populer yang banyak mendatangkan pengunjung.

2. Memilih Platform Blog

Setelah menentukan niche blog tentunya Anda harus memilih platform blog  di sini Blogspot atau WordPress yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog Anda sendiri dengan memaksimalkan fitur yang ada tergantung dari kebutuhan Anda.

Pada tutorial ini saya akan membahas cara mudah membuat blog dengan menggunakan WordPress yang sudah saya terapkan di blog ini.

3. Membeli Hosting dan Domain

Langkah yang ketiga adalah setelah Anda menentukan pilihan untuk membuat blog Anda membutuhkan hosting dan domain yang sudah pernah saya bahas sebelumnya di cara membeli hosting dan domain.

4. Install WordPress di cPanel

Selanjutnya adalah dengan Anda menginstall WordPress di cpanel Anda, lalu langkah pertama Anda bisa membuka atau login kedalam cPanel Anda yang sudah Anda beli sebelumnya dengan memasukkan alamat URL dan mengisi username dan password hosting Anda

Setelah itu Anda login di cPanel Anda bisa Scroll ke bawah untuk melihat menu WordPress Lalu Anda klik ikon tersebut dan setelah itu akan diarahkan ke halaman berikutnya.

Setelah Anda klik icon WordPress akan ada menu yang harus Anda isi seperti gambar di bawah ini lalu sesuaikan dengan nama blog Anda.

Cara Membuat Blog di WordPress

Setelah itu akan diminta untuk mengisi username dan password untuk akses admin di WordPress yang Anda buat.

Sedikit saran dari saya jangan menggunakan username admin dan password pass karena rentan dibobol.

Setelah data-data diisi dengan benar klik tombol instal dan selesai.

Penutup

Cara Membuat Blog di WordPress selesai, Anda sudah membuat blog sendiri dengan menggunakan platform WordPress. Jika ada pertanyaan tanyakan di kolom komentar.

Leave a Comment