7+ Fungsi Website dalam Bisnis (Tujuan dan Penjelasannya)

Fungsi Website
Fungsi Website

Apakah Anda saat ini tahu apa itu fungsi website pada kelangsungan sebuah bisnis?

Tentunya Anda sepakat bukan jika hal ini cukup menguntungkan untuk memaksimalkan keuntungan yang diperoleh, itulah yang mendasari saya untuk membuat tutorial cara membuat website dengan WordPress.

Berbicara tentang website mungkin hal ini terasa biasa untuk perusahaan yang sudah besar. Lalu bagaimana dengan usaha yang masih kecil atau UMKM.

Kondisi semacam ini bagi pelaku bisnis kecil dan pemula mungkin akan jadi suatu hal yang bagus. Pasalnya banyak sekali yang memanfaatkan media online untuk berjualan.

Manfaat dan Fungsi Website dalam Bisnis

Fungsi Website dalam Bisnis

Kira-kira seperti apa sih manfaat website untuk bisnis dengan skala yang masih tergolong kecil? Akankah menguntungkan? Langsung saja yuk simak beberapa ulasannya berikut ini:

  1. Menjadikan Usaha Kecil Memiliki Kredibilitas yang Lebih Tinggi

Seiring dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, sebagian besar konsumen memang memanfaatkan toko online untuk membeli suatu barang yang dikehendaki. Pasalnya dengan internet Anda bisa semakin mudah mencari berbagai macam produk maupun layanan yang dibutuhkan. Saat ini bisnis berbasis online bukan hanya dimiliki oleh perusahaan besar saja namun juga beberapa usaha kecil lainnya.

Dengan bantuan website usaha kecil akan memperoleh kredibilitas. Tanpa adanya website para konsumen zaman sekarang akan berpotensi pergi ke pesaing Anda yang memiliki website. Mungkin saja Anda saat ini sudah memiliki website hanya saja masih ala kadarnya, maka ada baiknya jika website tersebut didesain ulang menggunakan tampilan yang terlihat lebih profesional.

Dengan begitu fungsi website untuk bisnis akan benar-benar terasa. Anda pun secara tidak langsung lebih memberikan kepercayaan yang lebih besar kepada para konsumen. Apalagi untuk bisnis yang basisnya rumahan, metode semacam ini akan cukup menguntungkan sebab Anda tidak perlu mempunyai toko secara nyata atau fisik hanya untuk mempromosikan produk maupun jasa.

  1. Lebih Hemat Uang

Sebagai pemilik sebuah usaha kecil, Anda mungkin saja pernah berpikir bahwasanya diri Anda belum mampu secara benar untuk membuat sebuah website yang terlihat sangat profesional. Namun kali ini Anda bisa membandingkan promosi website dengan biaya iklan maupun surat kabar kelas perusahaan profesional. Selisih biaya yang ada akan sangat terlihat bukan?

Fungsi website kali ini adalah sebagai cara yang paling efektif dibandingkan dengan biaya dari surat kabar untuk mempromosikan produk Anda. apalagi saat ini sebagian besar orang menggunakan internet.

Biaya untuk membangun sebuah website memang cukup bervariasi, namun satu situs web yang digunakan untuk usaha kecil dibanderol dengan kisaran harga di bawah Rp. 500.000 selama satu bulan. Apabila Anda konversikan dalam kurun waktu satu tahun maka hanya membutuhkan banyak sekitar Rp. 6.000.000, biaya yang sangat murah bukan?

  1. Bisa Terhubung Dengan Pelanggan Kapan Saja

Bisa Anda bayangkan jika website usaha Anda nantinya akan jadi katalog atau brosur online, akan menjadi sesuatu yang lebih mudah dan cepat bukan? Anda pun bisa memperbaharui informasi mengenai produk maupun layanan pada situs Anda dibandingkan dengan bahan yang dicetak. Akan butuh banyak biaya bukan untuk memperbaharui informasi tersebut?

Jadi fungsi website di sini menjadi cara yang paling efektif bagi Anda untuk memberikan berbagai macam informasi untuk para pelanggan mengenai produk terbaru, beberapa promo khusus dan berbagai macam layanan terbaru yang saat ini tentunya sedang ditawarkan.

Cukup berbeda dengan iklan dari media cetak yang kapan saja bisa usang dimakan waktu. dari situs website Anda bisa dengan mudah melakukan update tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

  1. Lebih Mudah Diakses

Website adalah media yang sangat mudah diakses oleh siapa saja, selama 24 jam dalam sehari atau setiap harinya. Para konsumen juga bisa kapan saja melihat produk Anda dengan mudah tanpa harus datang langsung ke toko. Bahkan ketika Anda sudah tutup saja mereka masih tetap bisa melihat produk.

Dengan gaya hidup sebagian besar orang yang semakin sibuk seperti saat ini, hal semacam ini akan jadi point yang cukup penting. Konsumen lebih leluasa dalam mengambil keputusan apakah akan membeli atau tidak. Bahkan produk yang dibeli juga bisa sesuai dengan keinginan konsumen.

  1. Target Pasar yang Luas Lebih Mudah Terjangkau

Bisnis yang sedang Anda jalankan baik itu menjual produk ataupu jasa, website tersebut akan selalu jadi tempat paling alternatif dan menarik sebagai media promosi. Sebagai penjual yang menjual produk eceran, sebuah situs website berbasis e-commerce maupun toko online, akan jadi tempat paling bagus sebagai media mempromosikan produk Anda dalam pasar yang lebih luas, pasalnya produk Anda dapat diakses maupun dilihat secara global.

Meskipun begitu Anda tidak perlu terburu-buru dalam berpikir jika Anda tidak bisa menjual produk ataupun layanan jasa berbasis. Sebab semuanya pasti akan bisa terjual. Barang berbentuk mobil dan rumah saja bisa laku dengan online apalagi produk Anda.

  1. Sarana Media Katalog Produk Maupun Jasa Sebagai Portfolio

Fungsi website untuk bisnis yang selanjutnya adalah sebagai media yang digunakan untuk katalog. Tidak peduli apa yang sedang Anda jalankan saat ini, situs web akan jadi tempat yang paling bagus untuk memperkenalkan hasil karya atau produksi milik Anda. Dengan adanya dukung portfolio atau semacam galeri dari produk Anda yang dilengkapi testimoni mengenai produk tersebut, maka Anda menjadikan bisnis Anda semakin dikenal.

  1. Menghemat Waktu

Apakah Anda tahu, memberikan informasi kepada para konsumen pasti akan membutuhkan waktu. Bukan perkara waktu yang panjang, kali ini Anda bisa memanfaatkan media yang ada misalkan komunikasi telepon, tatap muka, brosur bahkan juga email. Hal tersebut memang akan membuat Anda merasa ribet.

Jadi jauh lebih baik jika Anda menggunakan media website saja, dari sana Anda bisa memberikan berbagai macam informasi mengenai produk atau layanan jasa tanpa dibatasi waktu, tempat dan lainnya.

  1. Lebih Meningkatkan Pelayanan

Contoh kecilnya begini, misalkan Anda saat ini sedang menjual produk yang terbilang ramah lingkungan dan ingin membagikan tips mengenai tata cara dalam proses mendaur ulang aneka sampah dan lainnya. Dalam hal ini fungsi website bisa Anda manfaatkan sebagai halaman untuk tanya jawab.

Anda pun dapat menulis artikel ataupun blog untuk menjawab semua pertanyaan dari para pelanggan. Hal semacam ini mampu menjadikan Anda lebih akrab dengan para pelanggan. Anda pun tidak hanya menjual produk saja, namun juga memberikan berbagai macam solusi untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi masyarakat.

Bagaimana? Cukup banyak bukan fungsi website yang bisa didapatkan untuk usaha kecil? Kali ini bukan hanya usaha besar saja yang bisa memperkenalkan produknya lewat website. Anda pun bisa dengan mudah memanfaatkan website untuk media sarana promosi produk.

Kini zaman sudah berbasis digital, jika Anda ingin lebih maju maka jangan mau ketinggalan. Segera manfaatkan website untuk bersaing dengan era digital seperti saat ini. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Kode Warna HTML
Read More

Kode Warna HTML

Pada website yang saya buat tidak terlepas dari peranan warna, contohnya anda bisa melihat pada bagian tumbnail yang…
jenis website
Read More

Jenis Website

Yuk Belajar Mengenal 12 Jenis Website Paling Populer Lebih Mendalam. Website adalah kumpulan satu halaman atau lebih yang…
manfaat website
Read More

Manfaat Website

Jika sebelumnya saya telah membahas tentang pengertian website secara lengkap sekarang waktunya Anda mengetahui manfaat website bagi bisnis…