20+ Cara Belajar On Page SEO


Dalam pembasahan sebelumnya mengenai SEO, langkah yang harus di perhatikan tentunya dengan bergai cara Optimasi SEO, tidak kalah pentingnaya mengenai backlink, Optimasi SEO On Page ini juga hal yang harus diperhatikan.

Sebelum melangkah lebih jauh Anda tentunya harus memperhatikan website sendiri, artikel yang dibuat sudah berkualitas belum?, apa kecepatan web sudah di optimasi belum?, dan faktor lainnya.

Banyak blog yang bersaing pada mesin pencarian hanya dengan mengoptimasi SEO On Page pada websitenya, hasilnya tidak sedikit yang dapat menempati posisi halaman pertama.

Sebelum saya membahas lebih lanjut ada baiknya Anda membaca dulu Tips Belajar SEO lalu melanjutkan dengan membaca ini.

Apa Itu On Page SEO ?

Sebelumya sudah sempat saya singgung di artikel Belajar SEO mengenai garis besar tentang SEO On Page, sejatinya Optimasi SEO On Page ini dengan mengontrol semua bagian pada website kita untuk di optimalkan SEOnya.

Berbeda dengan temannya SEO Off Page yaitu dengan link yang diberikan kepada website kita secara berbayar maupun dengan sukarela, seperti contohnya website yang menyediakan jasa backlink yaitu Raja Backlink.

Tetapi jika artikel yang dibuat berkualitas tinggi dan juga memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca dan bermanfaat untuk banyak orang maka mereka akan memberikan backlink secara sukarela.

Cara Belajar On Page SEO

Disini ada beberapa tips Optimasi SEO On Page yang akan dibahas agar mendapatkan ranking dan disukai oleh mesin pencari yang bernilai baik tentunya di mata Google.

Mungkin banyak cara yang berbeda pada kebanyakan orang dengan Optimasi SEO On Page pada webistenya disini saya akan membahas sesuai dengan pengetahuan dan pangalaman saya dan juga di kutip dari beberapa sumber yang sudah saya ringkas.

1. Kenyamanan Pembaca

Pada poin pertama saya memutuskan untuk kenyamanan pembaca karena kenyamanan pembaca tentunya menjadi hal yang penting dan itu yang saya terapkan di blog saya.

Kenapa? Anda pernah masuk situs web yang tidak jelas atau portal berita yang menampilkan banyak iklan yang bisa menutupi artikel maupun pop-up yang banyak? saya sendiri tidak nyaman dengan hal itu dan merasa terganggu saat membacanya.

Mengenai kenyamanan pembaca tentunya banyak sekali faktor yang mempengaruhinya dan juga selera pembaca tentunya berbeda berda, yang bisa Anda lalukan seperti memberikan navigasi yang mudah untuk pembaca, memberikan tampilan yang enak dilihat, dan faktor pendukung lainnya.

Sesuaikan dengan kebutuhan pada blog anda jangan berlebihan yang akan membuat pemcara blog kita pergi sebelum mendapatkan apapun.

2. Artikel Berkualitas

Pada dasarnya artikel yang berkualitas banyak disukai oleh pembaca dan akan lebih mudah mendpatkan ranking yang baik, meskipun blog Anda optimasi seo on page kurang maksimal dengan memberikan artikel yang berkualitas maka akan terbantu.

Artikel Berkualitas dengan memberikan artikel yang bermanfaat dan disukai oleh pembaca, tentunya dengan menjawab pertanyaan pembaca, memberikan keinginan yang pembaca butuhkan tentunya yang pada akhirnya akan memaikan ranking dari artikel tersebut.

Baca Juga :   Tips Memilih Niche Blog

Pada kesempatan kedepan saya akan membahas bagiaman membuat artikel yang berkualitas dan tentunya SEO Friendly.

3. Gunakan Tag Heading

Penggunakan tag heading tentunya penting untuk optimasi SEO On Page. Hampir semua tema pada wordpress sudah menghadirkan tag H1 untuk judul pada artikel, sisanya Anda tinggal memberikan optimasi kepada tag H2 dan H3.

Biasanya saya sendiri hanya menggunakan tag heading hanya sampai H3. Seperti artikel yang Anda baca ini, saya memberikan ulasan menggunakan tag heading H2 dan memisahkan poin-poin dengan menggunakan tag heading H3.

Dan jangan lupa sisipkan kata kunci yang Anda target di tag heading H2 dan H3 seperti contoh :

Jangan dibuat terlalu kaku atau tidak relevan, buat lebih terlihat natural akan semakin baik untuk kenyamanan pembaca.

4. Penempatan Kata Kunci Utama

Memberikan penempatan kata kunci utama yang ditargetkan kedalam artikel yang Anda buat agar mesin pencari tau artikel apa yang dibahas.

Tentunya meletakan kata kunci pada artikel jangan terlalu memaksakan dan tentunya harus telihat natural juga. Letakan kata kunci yang di targetkan di

  1. URL artikel
  2. Judul artikel
  3. Meta title
  4. Meta deskripsi
  5. Paragraf awal artikel
  6. Paragraf tengah artikel
  7. Paragraf akhir artikel
  8. Tag H2 atau H3
  9. Featured image

Jangan melakukan spam kata kunci di dalam artikel yang nantinya akan memperburuk penilaian yang diberikan Google.

5. Menyisipkan Kata Kunci Pendukung

Kata kunci pendukung adalah kata kunci yang relevan dengan topik atau artikel yang dibuat untuk mendukung kata kunci utama. Kata kunci pendukung ini tentunya untuk membantu kata kunci utama yang Anda terketkan.

Cara mudahnya Anda bisa menggunakan tools bantuan dari lsigraph.com atau bisa juga dengan mengetikan kata kunci utama Anda di halaman mesin pencari Google lalu scrol hingga bawah yang nantinya muncul kata kunci pendukung yang relevan dengan kata kunci utama.

Setelah mendapatan kata kunci pendukung yang muncul sebarkan di dalam artikel Anda dan juga jangan memaksakan hingga membuat artikel tidak nyambung, harus terlihat natural agar membuat kenyamanan pada pembaca.

6. Memberikan Internal Link

Internal link itu sendiri adalah link yang sisipkan di dalam artikel yang mengarah kepada artikel lain yang relevan dengan tujuan agar dapat membuat pembaca berlama lama di dalam blog Anda.

Dan tujuan lainnya untuk menyebarkan authority pada sebuah artikel ke halaman artikel lain dan terjadinya proses link juice.

Sama halnya dengan website berjuta informasi yaitu wikipedia, di dalam artikelnya mereka memberikan banyak internal link yang relevan tentunya dengan artikel yang dibuat dan tidak memaksakan, dibaca tetap nyaman dan dengan tujuannya tadi agar membuat pembaca tidak pergi dari halaman artikel yang dibaca.

Singkatnya memberikan internal link agar memberikan pembaca referensi artikel lain yang relevan dengan artikel yang dibuat. Dalam memberikan internal link tidak ada batasan namun berikan internal link dengan cermat untuk membuat pembaca tetap berada di blog Anda.

7. Memberikan Eksternal Link

Selalin menebarkan internal link pada artikel, tentunya ada baiknya Anda juga harus memberikan eksternal link kepada website lain yang memiliki kredibilitas yang tinggi seperti wikipedia atau website lainnya.

Seperti contoh pada point No.6 saya memberikan eksternal link yang menuju wikipedia.

8. Mengatur Meta Title

Meta title adalah judul yang diberikan pada sebuah artikel yang nantinya akan muncul di halaman mesin pencarian. Judul yang muncul pada mesin pencarian itu yang disebut dengan Meta Title

Baca Juga :   7+ Tips Cara Diterima Google Adsense [Pengalaman Pertama]

Buat meta title yang mengundang pembaca untuk klik website Anda dengan menggunakan gabungan kata yang unik dan menarik dengan menyisipkan kata kunci utama dan kata kunci pendukung.

Sebagai contoh :

  • Belajar SEO ( kata kunci utama )
  • Cara belajar SEO ( kata kunci pendukung kesatu )
  • Panduan Belajar SEO Mudah ( kata kunci pendukung kedia )

Jadi meta title yang digabungkan bisa seperti ini ” Panduan Cara Belajar SEO dengan Mudah. ” atau bisa di kombinasikan sesuai dengan kata kunci yang di Anda targetkan.

9. Mengatur Meta Description

Kurang lebih sama halnya dengan meta title yang memberikan judul pada halaman mesin pencaria. Meta Description adalah deskripsi singkat pada artikel yang Anda buat yang nantinya akan muncul pada halaman mesin pencari.

Jangan lupa juga sisipkan kata kunci utama dan kata kunci pendukung pada Meta Description yang relevan dan tidak terlihat dipaksakan.

Sebagai contoh :

  • Jasa Pembuatan Blog
  • Jasa Pembuatan Blog Murah
  • Jasa Pembuatan Blog Terpercaya

Disini kita gabungkan menjadi kalimat yang pendek sepanjang 155 karakter menjadi seperti ini ” Jasa Pembuatan Blog Murah dengan CMS WordPress yang tepercaya sejak tahun 2016. “

10. Mengatur URL Artikel

Mengatur URL tentunya baik untuk mengoptimalkan On Page SEO. Banyak yang berpendapat bahwa semakin pendek URL artikel maka semakin baik.

Selain pendek jangan lupa untuk masukan kata kunci pada URL artikel, sebagai contoh Anda bisa melihat URL pada artikel ini.

Sebenernya banyak perdebatan tentang URL artikel menurut banyak orang yang menggunakan URL dengan panjang atau pendek, saya sendiri lebih proper menggunakan URL yang pendek dan sudah terumasuk kata kunci didalamnya.

11. Gunakan Featured Image

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah menggunakan gambar unggulan pada setiap artikel yang dibuat, dengan memberikan gambar yang menarik dan sama halnya mengundang pengungjung untuk klik artikel yang nantinya akan muncul di halaman mensin pencarian Google.

Dan juga gambar unggulan berfungsi jika ada penbaca yang share artikel Anda ke sosial medianya dan nantinya akan memunculkan gamabar unggulan yang Anda pilih.

Untuk itu biasanya saya membuat gambar unggulannya menggunakan aplikasi Photoshop dan juga Canva.

12. Menyisipkan Gambar

Meyisipkan gambar merupakan hal yang baik untuk pembaca, untuk meningkatkan kenyamanan pembaca tentunya agar tidak bosan saat melihat artikel yang panjang dan memberikan sentuhan warna pada artikel.

Sisipkan gambar yang relate dengan artikel yang dibuat dan juga berikan informasi pada setiap gambar yang digunakan.

13. Menggunakan Breadcrumbs

Kebanyakan tema WordPress sekarang sudah banyak yang menyediakan fitur Breadcrumbs di dalamnya. Breadcrumbs sendiri merukapan salah satu jenis dari Schema Markup.

Menggunakan Breadcrumbs menurut saya merukapan hal yang penting untuk Optimasi On Page pada artikel yang Anda buat.

Tema yang saya gunakan adalah Generatepress, tema ini belum ada fiture Breadcrumbs didalamnya jadi oleh karena itu saya menggunakan Breadcrumbs dengan bantuan plugin dari fitur SEO Yoast yang bisa Anda aktifkan.

Fungsi Breadcrumbs sendiri untuk navigasi artikel yang dibuka oleh pembaca.

14. Optimasi Kecepatan Blog

Belajar On Page SEO
Optimasi Kecepatan Blog

Bagaian ini juga tidak kalah pentingnya. Selain mengoptimasi on page pada artikel tentunya ini bagian dari optimasi pada website Anda sendiri.

Algoritma mesin pencarian termasuk Google sangat menyukai website yang cepat dan tentunya fast loading untuk dapat di akses, karena juga website yang lemot akan semakin sulit bersaing di halaman mesin pencarian.

Baca Juga :   Cara Membuat Privacy Policy

Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan pada sebuah website yang harus bisa Anda optimalkan penggunaanya, seperti pemilihan hosting dan tentunya kualitas hosting itu sendiri, tema yang dugunakan, plugin yang dipakai, dan masih banyak hal lainnya.

Anda bisa cek kecepatan website Anda dengan menggunakan Google PageSpeed Insights atau menggunakan GTmetrix.

Tentunya untuk mempercepat kinerja pada website harus diperhatikan dengan baik, di lain kesempatan saya akan membahas tentang bagaimana cara memngoptimasi kecepatan pada sebuah blog atau website.

15. Menggunakan Tema SEO Friendly

Pada poin sebelumya optimasi kecepatan pada website akan mempengaruhi mesin pencarian dan tentunya akan disukai oleh Google. Salah satu faktor kecepatan sebuah blog atau website adalah dengan penggunaan tema.

Oleh karena itu pentinya memilih tema yang baik dan juga SEO Friendly untuk jangka panjang, pemilihan tema yang baik tentunya tema yang ringan dan cepat di akses oleh pembaca. Pada artikel sebelumnya yaitu Rekomendasi Tema WordPress Anda dapat melihat beberapa rekomendasi tema yang sudah saya buat Artikelnya.

16. Menggunakan Plugin SEO

Menggunakan Plugin SEO tentunya membantu Anda dalam mengoptimasi On Page SEO yang bertujuan untuk membentuk stukrur pada artikel dan tentunya membantu membuat meta title dan meta description.

Selain itu juga Plugin SEO memberikan fiture Breadcrumbs jika tema yang Anda pakai sekarang tidak ada fitur bawaan Breadcrumbs.

Saya menyarankan menggunakan Plugin SEO yang cukup populer seperti All In One SEO, Rank Math atau Yoast SEO yang sudah ramai di gunakan oleh banyak orang.

17. Membuat Sitemap

Sitemap adalah peta situs yang berisikan daftar URL pada postingan artikel Anda yang dapat di akses dan di index oleh Googlebot. Membuat sitemap tentunya membudahkan robot google menjelajahi isi dari blog anda dan agar mempercepat index pada artikel.

Dengan begitu jika Anda membuat artikel baru maka robot pencaraian amakan dapat mencari dan melakukan pengindeksan dengan lebih cepat.

18. Melakukan Evaluasi On Page SEO

Setelah melakukan Optimasi On Page SEO ada baiknya anda melakukan analisa pada setiap artikel maupun website yang sudah Anda optimasi lalu evaluasi kembali apa yang sudah Anda lakukan agar Optimasi On Page SEO lebih matang.

Cek kembali artikel yang Anda buat apa ada kesalahan kata pada artikel atau sudah memberikan kata kunci pada meta title atau deskipsi dan banyak hal lagi.

19. Share Ke Sosial Media

Setelah membuat artikel yang bagus dan bermanfaat tidak ada salahnya membagikan artikel di sosial media, agar membuat artikel lebih terkenal walaupun artikel yang Anda buat belum dapat masuk ke halaman satu mesin pencarian.

20. Referensi Belajar

Setelah itu Anda juga jangan tepacu dengan satu website untuk belajar SEO buka dan cari website yang dapat menambahkan wawasan Anda dalam dunia blog dan juga tentunya mempelajari SEO.

Ada berjuta-juta website yang meberikan informasi terkait tentang Belajar SEO yang bisa anda cari di mesin pencarian untuk menambah pengalaman dan ilmu yang lebih mendalam.

Penutup

Jadi itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk Optimasi On Page SEO yang sudah saya ringkas dari beberapa sumber terpercaya dan dari sepengalaman saya yang dapat Anda lakukan di website atau blog Anda.

Banyak website yang hanya melalukan Optimasi On Page SEO yang bersaing di halaman pertama mesin pencari. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan tentunya bisa bermanfaat, Terikamaskih. Jika ada pertanyaan bisa tanyakan di kolom komentar dibawah.


Diskusi Pembaca

Mulai Diskusi

Tanyakan secara jelas ya jangan pakai emoticon, nanti masuk spam.