Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org (Lengkap)

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org
Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Banyak pemula yang ingin memulai membuat website terjebak pada langkah ketika memilih versi “WordPress.com” atau “WordPress.org”. Saya lihat jarang orang yang membahas hal ini, saya sudah coba cari di Google, tetapi hanya bercerita tentang versi mana yang lebih baik (tidak lebih baik karena tujuaanya berbeda).

Walaupun terlihat sama ketika anda mendengarnya tetapi sebenranya WordPress.com dan WordPress.org sangat berbeda.

Sebelum anda memutuskan untuk menulis di website pertama kali, anda harus tahu platrfrom apa yang akan anda pilih ketika ingin membuat website dengan WordPress. Pada artikel ini saya akan menjelaskan perbedaan yang signifikan antara Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org.

Saya saat ini masih percaya WordPress adalah salah satu platfrom terbaik untuk memulai membangun website pertama Anda.

Perlu Anda ketahui, WordPress adalah CMS open source yang tersedia untuk siapa saja yang ingin mengunduh dan menggunakannya secara gratis. Jika menggunakan WordPress anda membutuhkan keterampilan teknis, dari itulah website ngeblog.id ini dibuat untuk anda yang membutuhkan bahan materi belajar ketika ingin membuat website WordPress.

Ada banyak fitur yang terdapat pada WordPress oleh karena itu banyak developer, programer ataupun blogger menggunakan WordPress sebagai cms untuk bikin website.

Itulah perbedaan penting pertama, sementara WordPress.org adalah CMS open source, WordPress.com adalah proyek komersial atau layanan yang digunakan WordPress untuk meningkatkan sumber daya dan fitur.

Masih belum paham? mari kita sama-sama lihat melalui tabel perbandingan berikut ini

DukunganWordPress.orgWordPress.com
Tema & PluginInstal apa pun yang Anda sukaPilihan dibatasi
Pengetahuan teknisWajibTidak wajib
BiayaHosting dan DomainGratis
MonetisasiBebasTerbatas
Dukungan profesionalTidakIya
Promosi gratisTidakIya

WordPress.com (Gratis Tetapi Fitur Sangat Terbatas)

Sebagai proyek komersial, WordPress.com adalah properti dari Automattic Inc. Yang harus Anda lakukan untuk memulainya adalah mendaftarkan akun, memilih nama blog, dan Anda siap untuk pergi dalam beberapa langkah saja. Saya rasa itu sangat mudah dan tidak ada pengetahuan teknis yang diperlukan.

Pilihan tema dan plugin yang terbatas

Layanan blogging ini memungkinkan Anda untuk memilih tema untuk blog Anda, tetapi Anda terbatas pada tema dan plugin dari repositori mereka . Itu berarti bahwa Anda tidak dapat menginstal tema Anda sendiri, atau menyesuaikan kode yang disediakan. Tetapi Anda masih dapat menyesuaikan bagian-bagian yang tersedia melalui pengaturan. Tetapi jika Anda memutuskan untuk lebih dari itu, itu tidak akan mungkin.

Jika Anda tidak terlalu menuntut dalam hal memperluas sistem Anda, Anda akan menemukan banyak plugin gratis yang dapat dengan mudah ditambahkan ke situs web WordPress.com Anda. Itu dapat membantu Anda dalam mengelola situs Anda, tetapi seperti halnya dengan tema, Anda tidak akan dapat menyesuaikannya. Lebih penting lagi, Anda tidak akan dapat memasang plugin tambahan yang dapat Anda temukan secara gratis di Internet.

Lupakan semua plugin premium yang keren. Bagi sebagian besar blogger pro, ini adalah pemecah kesepakatan. Di sisi lain, banyak orang tidak akan memerlukan apa pun di luar WordPress.com selama bertahun-tahun setelah mereka memulai blog.

Dukungan profesional

Apa yang baik tentang platform ini adalah Anda tidak perlu memiliki pengetahuan teknis untuk memulai blog Anda sendiri. Jika semua yang Anda inginkan adalah alat penerbitan yang memungkinkan Anda membuat cerita, menunjukkan gambar, video, atau Anda ingin melibatkan orang dalam diskusi, WordPress.com adalah cara yang baik untuk memulai.

Anda tidak hanya dapat melakukan ini secara gratis, tetapi WordPress.com akan secara otomatis menghubungkan Anda dengan blogger lain, dan situs baru Anda dapat ditautkan di beranda sebagai situs berfitur yang berarti Anda akan mendapatkan banyak kunjungan tanpa banyak usaha.

Monetisasi dan iklan

Karena akun dasarnya gratis, siapkan diri Anda untuk iklan WordPress.com di blog. Jika Anda ingin bekerja dengan berbagai program afiliasi atau menggunakan iklan yang berbeda untuk menghasilkan uang, pilihan Anda sangat terbatas.

Keterbatasan layanan gratis

WordPress.com memiliki opsi hosting terbatas (Peyimpanannya hanya 3GB) yang dapat Anda gunakan untuk mengunggah file. Anda harus tahu bahwa Anda tidak akan dapat menggunakan akses FTP untuk mendapatkan file-file itu di / dari server.

Karena kita masih berbicara tentang akun gratis, Anda harus perhatikan bahwa domain situs web Anda sebenarnya adalah subdomain WordPress.com.

Kecuali Anda membayar untuk akun premium, alamat blog Anda akan menjadi seperti ini: example.wordpress.com .

Anda dapat membuka banyak fitur tambahan di WordPress.com, tetapi Anda harus mulai membayar untuk akun Anda.

Keuntungan

  • Gratis untuk layanan standar
  • Dikelola secara profesional
  • Sangat mudah untuk pemula

Kekurangan

  • Tidak dapat menggunakan tema atau plugin khusus
  • Anda tidak memiliki kendali atas blog Anda Sendiri
  • Opsi monetisasi sangat terbatas
  • Anda berada di sumdomain utama yaitu DomainAnda.WordPress.com

WordPress.org (Gratis dan Memberikan Kebebasan Berkreasi)

wordpress.org

Sebagai proyek komunitas, WordPress.org mewakili sistem manajemen konten sumber terbuka. WordPress seperti yang kita ketahui mendukung sekitar 28% dari semua situs web yang ditemukan di Internet dan angka itu berbicara dengan sendirinya. WordPress gratis dan praktis tidak terbatas .

Untuk memulainya, Anda harus mengunduh file instalasi, dan Anda akan memerlukan server dan domain Anda sendiri untuk memulai. Itulah langkah pertama di mana orang tanpa pengetahuan teknis bisa macet.

Tema dan plugin berlimpah

Setelah Anda menginstal WordPress, sama seperti di sebuah permainan, Anda akan memiliki dunia sendiri di depan Anda. Anda bebas memasang tema apa pun yang Anda inginkan atau membuat yang baru hanya untuk Anda sendiri. Sama sekali tidak ada batasan.

Unduh tema dan plugin WordPress terbaik secara gratis, beli barang-barang premium yang dirancang dan didukung oleh para profesional atau buat yang dari awal jika Anda tahu caranya.

Anda dapat dengan mudah menyesuaikan file dan kode apa pun dalam fitur khusus ke dalam tema yang ada. Ya, Anda dapat melakukan hampir apa saja – satu-satunya batasan adalah pengetahuan teknis dan imajinasi Anda. Tentu saja, jika Anda tidak suka itu, Anda selalu dapat menyewa seorang profesional untuk menyesuaikan satu atau dua hal untuk Anda. Sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan jika Anda menggunakan WordPress.com.

Hal yang sama berlaku untuk plugin. Anda dapat menginstal yang gratis, yang premium atau mengembangkan sendiri. Dengan menggabungkan tema, plugin, dan kode khusus, Anda memiliki opsi yang tidak terbatas. Meskipun kedengarannya hebat (dan memang benar), Anda harus mengetahui cara Anda menggunakan teknologi web dan WordPress itu sendiri untuk memiliki semua yang Anda inginkan.

Milik Anda dan dikelola sendiri

Meskipun WordPress.org adalah halaman kosong, itu juga membutuhkan perhatian penuh dari Anda. Itu berarti Anda harus khawatir tentang hosting dan domain, dan banyak aspek teknis lainnya. Jika ada yang salah, hanya Anda yang harus disalahkan, dan Anda harus memperbaiki masalahnya sendiri. Kebebasan datang dengan tanggung jawab jadi pastikan untuk memiliki cukup waktu yang akan dikhususkan untuk WordPress.

Menghasilkan uang dari blog Anda

Karena Anda memiliki situs tersebut, Anda dapat menggunakan program afiliasi atau iklan yang Anda sukai. Tidak ada aturan selain hukum, jelas. Iklan di situs Anda akan menjadi satu-satunya yang Anda pilih untuk ditampilkan. WordPress adalah open source, sehingga tidak akan mendorong iklan melalui situs Anda.

Keuntungan

  • Kontrol total blog Anda
  • Gunakan tema atau plugin apa pun
  • Dapatkan uang dari blog dengan cara apa pun yang Anda inginkan

Kekurangan

  • Anda tidak memiliki dukungan teknis
  • Hosting dan domain membutuhkan biaya
  • Anda harus melakukan perawatan rutin

Lebih Baik Mana Antara WordPress.org dan WordPress.com?

Kalau Anda sudah membuat keputusan sebelum membaca artikel ini dan mulai membuat blog pertama Anda, Anda harus tahu bahwa WordPress.org pilihan terbaik. Apa pun pilihan Anda, Anda dapat dengan mudah beralih dari satu platform ke platform lainnya.

Baik WordPress.org dan WordPress.com memiliki sistem Impor & Ekspor yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengemas seluruh konten situs Anda dan mentransfernya ke yang lain.

Kesimpulan

Meskipun mungkin tampak berbeda pada pandangan pertama, ada beberapa perbedaan besar antara WordPress.org dan WordPress.com. Sebagian besar blogger, termasuk saya, merekomendasikan versi self-host (WordPress.org). Dengan itu, Anda mendapatkan kebebasan penuh dalam mengontrol situs Anda. Tetapi, Setelah mempertimbangkan semua perbedaan yang saya bahas dalam artikel ini, sekarang terserah Anda untuk memutuskan versi mana yang cocok untuk Anda dan Website Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam membuat website dengan WordPress Self-host silahakn merujuk pada tutorial cara membuat website dengan WordPress.org yang telah saya buat secara detail langkah-langkahnya hingga anda bisa membuat website sendiri, walaupun pemula.

0 Shares:
3 comments
  1. Trims mas informasinya, sementara ini saya masih mencari2 informasi tentang membangun blog di wordpress, agar bisa terarah sejak dini.

    Untuk saat ini saya masih pakai blogger, karena masih minim pengetahuan tentang pengelolaan blog di wordpress

  2. Saya suka artikelnya mas Priangga. Dari dulu saya belum paham bagaimana main wordpress, termasuk perbedaan antara versi org dan com seperti yang diulas di atas.

    Saat ini saya masih pakai blogger saja. Semoga kedepan bisa build WP juga. Amiin ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like
Kode Warna HTML
Read More

Kode Warna HTML

Pada website yang saya buat tidak terlepas dari peranan warna, contohnya anda bisa melihat pada bagian tumbnail yang…
jenis website
Read More

Jenis Website

Yuk Belajar Mengenal 12 Jenis Website Paling Populer Lebih Mendalam. Website adalah kumpulan satu halaman atau lebih yang…
manfaat website
Read More

Manfaat Website

Jika sebelumnya saya telah membahas tentang pengertian website secara lengkap sekarang waktunya Anda mengetahui manfaat website bagi bisnis…