Mulai Ngeblog

Mulai Ngeblog – Bismillah, hari ini tanggal 6 Juni 2020 yang menjadi artikel pertama pada blog ini yang baru memulai dari sekian lamanya. Dengan ini saya akan membahas apa saja yang digunakan untuk mulai ngeblog.

Dengan niat awal untuk berbagi informasi kepada pembaca dan untuk nenambah wawasan saya sendiri dengan belajar dan mengasah skill menulis saya yang awalnya hanya terbongkah dari ide di kepala.

Mulai Ngeblog

Disini saya akan membahas apa saja yang saya gunakan untuk membangun website ngeblod.id dan semoga bisa menjadi referensi Anda untuk membangun sebuah website atau personal blog.

Content Management System (CMS)

Disini saya memilih untuk pindah dari Blogger ke WordPress self hosting sebagai platform utama untuk saya membuat artikel dan membangun blog ini.

Hosting dan Domain

Untuk saat ini saya menggunakan self hosting dan domain yang saya percayakan kepada GapuraHoster dengan mengambil paket promo, jika anda ingin menggunakan layanan dari GapuraHoster Anda bisa membelinya disini.

Tema

Tema yang digunakan pada blog ini saya pecayakan kepada tema Generatepress yang telah terbukti powerfull dan tentunya ringan untuk keperluan blog ini.Tentunya jika urusan tema itu balik lagi ke selera masing-masing.

Plugin

Plugin yang saya gunakan untuk membantu mengoptimalkan blog ini yaitu :

  1. GP Premium – Plugin premium tambahan dari tema Generatepress.
  2. LiteSpeed Cache – Mengoptimalkan kecepatan blog ini.
  3. Yoast SEO – Untuk membantu membuat struktur pada artikel.

Search Engine Optimization (SEO)

Untuk memaksimalkan SEO dengan riset keyword saya biasanya menggunakan tools Ubersuggest dan juga Keyword Planner dari Google dan dengan bantuan plugin Yoast untuk membuat struktur pada artikel.

Gambar

Untuk memperkecil ukuran gambar saya biasanya menggunakan Photoshop dan Tinypng, untuk mengkompress file jepg dan png. Pada kesempatan mendatang akan saya buatkan artikel tetang Optimasi Gambar.

Untuk membuat logo dan membuat gambar favorit biasanya saya membuatnya di Photoshop tetapi saat ini saya lebih sering membuatnya di Canva.

Jadi kapan Anda ingin memulai dan membuat blog Anda sendiri?

Penutup

Jadi itu awal mula bahan yang saya gunakan untuk memulai ngeblog lagi. Dengan tujual awal untuk berbagi informasi kepada pembaca. Dengan artikel ini semoga bisa menjadi acuan untuk Anda memulai membuat blog sendiri dan semoga bisa menambah wawasan dan menjadi referensi, Terimkasih.

Leave a Comment